Nouvo And DSM Is My Life

Nouvo And DSM Is My Life

Senin, 06 Mei 2013

Antara Ayam dan Telur, Yang Mana Lebih Dulu Ada?


Sebuah perdebatan klasik yang kadangkala lucu sering di angkat antara ayam dan telur, manakah yang lebih dulu ada?. Apakah ayam lebih dulu, atau telur yang lebih dulu ada.

Banyak jawaban bermunculan dan saling menguatkan antara statement satu dan yang lainya. Misalnya, telur pastinya muncul dari seekor ayam, begitu pula sebaliknya ayam pun ada dari sebutir telur.

ayan dan telur

Baru-baru ini muncul lagi sebuah jawaban dengan pendekatan ilmiah. Mengutip Vivanews dari laman Popsci, peneliti mengungkapkan bahwa telur muncul lebih dulu dari ayam. Alasannya, ayam yang hidup hari ini  adalah hasil dari proses evolusi. Menurut temuan peneliti, di masa lalu, ada burung yang mirip seperti ayam yang membuat keturunan. Namun, karena mengalami beberapa mutasi DNA yang melebihi batas, akhirnya keturunan yang dihasilkan melalui telur itu lahirlah ayam generasi baru yaitu ayam seperti sekarang ini.

Adapun pendapat lainya yang senada dan menguatkan bahwa telur muncul lebih dahulu yaitu sisi evolusi telur.

Ada banyak karakteristik dari telur jenis unggas modern, meliputi bentuk bujur dan asimetris serta cangkang yang keras, menunjukkan berada pada tempat di mana burung-burung berusaha menghindar dari para dinosaurus sekitar 150 juta tahun yang lalu.

"Banyak ciri-ciri yang kita lihat dalam telur burung berevolusi, bahkan sebelum zaman burung di kehidupan dinosaurus jenis theropoda," kata Darla Zelenitsky, peneliti University of Calgary, Kanada.
Sementara itu, ditemukan pula petunjuk lainnya dari sejarah telur unggas yang terjadi setidaknya 150 juta tahun lalu, yaitu saat rangkaian evolusi vertebrata berkaki empat menghasilkan telur ketuban.

Pada evolusi tersebut embrio dalam telur vertebrata dikelilingi oleh tiga selaput cairan yang menyediakan makanan, perlindungan, dan jalan bernapas. Hal itu dapat dijumpai pula pada telur ayam yang ada saat ini.

James R. Stewart, ahli fisiologi reproduksi East Tennessee State University, AS, menambahkan bahwa telur ketuban awal mengandung sejumlah besar bagian kuning, seperti yang ada pada telur ayam. "Anda juga melihatnya pada burung, buaya, dan ular," jelasnya.

Itulah beberapa pendekatan mengenai manakah yang lebih dulu ada antara ayam dan telur. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar