Nouvo And DSM Is My Life

Nouvo And DSM Is My Life

Minggu, 05 Mei 2013

Kapan Al-Qur’an Diturunkan?




Masyarakat Indonesia, biasanya memperingati malam Nuzulul Qur’an (diturunkannya Al-Qur’an pertama kali) pada malam ke 17 Ramadhan. Well, faktanya apakah benar seperti itu? Disini saya akan mencoba mencocokkan dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
1. Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an”. (QS Al-Baqarah: 185)
2. Al-Qur’an diturunkan pada Lailatul Qadr
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan”. (QS Al-Qadr :1)
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS Ad-Dukhaan: 3)
3. Lailatul Qadr diturunkan pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan
“Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)
4. Al-Qur’an diturunkan pada hari Senin
Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam ketika ditanya tentang puasa Senin beliau menjawab: “Di dalamya aku dilahirkan dan di dalamnya diturunkan (wahyu) atasku” (HR. Muslim)
Sedangkan hari Senin pada tahun itu adalah tanggal 7, 14, 21 dan 28. Jadi kesimpulan yang cocok dengan semua dalil di atas adalah, Al-Qur’an diturunkan pada Bulan Ramadhan malam ke 21. Wallahu A’lam bi sh-Shawab.
*catatan: sebetulnya tidak terlalu penting kita berdebat mengenai kapan turunnya Al-Qur’an karena memang banyak pendapat mengenai ini. Toh kalau memperingati secara berlebihan juga tidak baik karena tidak ada contoh yang diajarkan oleh Nabi, Sahabat, maupun Tabi’in. Jadikan saja itu sebagai penyemangat untuk memperbanyak lagi tilawah kita apalagi di bulan Ramadhan ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar