Nouvo And DSM Is My Life

Nouvo And DSM Is My Life

Sabtu, 04 Mei 2013

Nouvo Z VS Skywave VS Airblade



Era baru motor matik sudah dimulai, setelah skuter matik vaitu Mio, Vario, Spin dan Free LX tahap kedua matik yaitu skubek (bebek bukan, skuter bukan he...he…). Meskipun honda belum tentu memproduksi skubeknya itu, tapi sudah bisa dibeli lewat imporit umum. Sedangkan Kymco kapan ya maen skubek?

Tak perlu dibahas pasti semua sudah ngeh, kalo Nouvo Z, Skywave dan Airblade memiliki mesin yang sama dengan versi skuternya yaitu Nouvo Z mengusung mesin 113cc-nya Mio, Skywave pakai 125cc-nya Spin dan Airblade menggendong mesinnya Vario 110cc yang sudah liquid cooling. Dari kapasitas cc-nya, terlihat sekali bahwa masing-masing pabrikan tidak mau cuma dianggap mencontek atau mengekor pabrikan lain. Yang akan saya bahas kali ini adalah membandingkan fitur-fitur ketiga skubek tersebut.

Ketiga skubek ini memasang dua lampu besar-besar didadanya dan batok stang buta. Lampu Skywave terlihat mirip dengan punya Nouvo Z, sedangkan lampu Airblade terlihat begitu gagah dengan bentuk menyiku.

Disektor kaki-kaki Nouvo Z dan Skywave memakai pelek ukuran 16 inchi dan Airblade hanya memakai pelek 14 inchi dengan desain pelek yang persis Vario. Selain mengandalkan dual shock dibelakang, dalam hal kesetabilan roda 16 inchi lebih bisa diandalkan, tetapi Airblade mengakalinya dengan tapak ban yang lebih lebar yaitu 80/90 didepan dan 90/90 dibelakang. Ukuran tapak ban ini satu step diatas punya Nouvo Z dan Skywave.



Nggak lengkap kalo skubek tidak ada bagasinya. Semua bagasi skubek tersebut cukup luas sehingga dapat dimuati helm full-face. Hanya saja terdapat perbedaan dalam meletakannya. Nouvo Z dapat menelan helm dalam posisi terbalik. Untuk Skywave harus menyimpan helm dalam posisi menyamping. Sedangkan Airblade bisa meletakanya seperti biasa yaitu posisi atasnya ya…diatas.

Berbeda dengan kedua rivalnya yang memposisikan tangki dibelakang, Airblade masih punya bagasi dibelakang karena tangkinya berada didepan, persisnya ditengah dibalik backbone. Ini terlihat bentuk backbonenya yang begitu tinggi dan terlihat futuristis. Tetapi hal ini justru menyulitkan bagi cewek pakai rok. Mungkin motor ini dibuat untuk cowok, tapi kalo cowoknya pakai rok juga….halah!!!.

Untuk urusan box filter udara pun, masing-masing sekubek tersebut juga tidak mau dibilang ikut-ikutan. Airblade memasang filter udara menghadap belakang, posisinya persis didepan roda belakang. Untuk Nouvo Z menempatkannya secara rapi dibawah backbone. Untuk Skywave terkesan kehabisan tempat sampai-sampai memasangnya diluat body motor, yaitu diatas cover CVT. Pemasangan seperti ini mirip yang diterapkan Kymco selama ini.

Dalam kelengkapan fitur lainnya Airblade boleh diberikan 2 jempol, sebut kombi-brake, switch distandart samping, rem parkir. tapi melihat dimensinya yang mirip dengan Vario (hanya beda tingginya) dan penggunaann pelek yang sama dengan Vario, mungkin saja tradisi ganti baju Honda juga diterapkan di Airblade.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar